7. Segala bentuk profit yang kita dapatkan, akan kita olah dengan baik dan tidak lupa untuk di diinvestasikan kembali sebesar2nya supaya akhirnya bermanfaat kembali buat pelanggan kita baik melalui perbaikan pada product Quality maupun Servis. Selain itu juga harus bermanfaat untuk kehidupan karyawan2 kami, lingkungan dan kehidupan spirit kita semua. Misal selain memodernkan fasilitas pabrik, karyawan pabrik secara kontinyu di pupuk baik fisik, pirkiran, mental , maupun spirit supaya menjadi pribadi pribadi unggul. Kitapun aktif membantu lingkungan di mana kita tinggal dan membangun kehidupan spiritual kita lebih baik lagi. Corporate Social Responsibility. Dalam komitmen terhadap CSR, perusahaan telah mulai melaksanakan semenjak september 2006, bahwa perusahaan mengalokasikan 10% dari keuntungan perusahaan untuk dimanfaatkan sebesar2nya untuk kehidupan karyawan JAVA. Bahwa tim inti yang berdedikasi tinggi dan bekerja dengan HATI untuk kemajuan JAVA, akan terus belajar, akan terus berkarya, dan akan mendapatkan Reward yang setimpal. Mudah2an niat baik ini bisa menjadi motivasi seluruh tim JAVA, untuk bekeja lebih baik dan menjadi pemimpin2 masa depan. Masih banyak yang harus di pelajari, Masih banyak yang harus di lakukan. Bagaimana kebijakan penggunaan, pemanfaatan dan penerima dari alokasi ini masih terus di godok oleh tim Eksekutif. Hal pertama yang akan di lakukan adalah membentuk unit koperasi karyawan. Sukses selalu untuk niat baik ini. Juga Saya tekankan bahwa seperti yang tersurat pada visi kita bahwa kita melakukan investasi kembali kepada customer2 kita, tim2 dan karyawan kita, serta kehidupan spiritual kita. Artinya kita berinvestasi kembali ke customer kita melalui peningkatan mutu dan servis kita, baik perbaikan fasilitas pabrik, peralatan yang kesemuanya menguntungkan pelanggan 2 kita. Melakukan investasi kembali kepada karyawan2 kita bisa dilakukan dengan banyak cara. Saya tantang tim eksekutif untuk menggalinya. Misal mengadakan kelas sore/ malam tentang ilmu management, tentang computer, tentang membuat Sistim Operating Prosedur, tentang menjadi leader dan manager, tentang menjadi Quality control yang baik, tentang motivasi dan bagaimana menjadi sukses. Yang terakhir, kita harus terus membina dan memperbaiki kehidupan spiritual kita di tempat kerja. Bisa melalui ceramah2 agama, maupun bentuk kerja sosial lainnya. Ini semua PR yang harus di kerjakan. Kalau proses sudah di jalankan dengan benar, kemajuan akan tercapai dengan lebih mudah.
8. Pengembangan Merek Dagang sudah tak terelakan lagi. Kita harus mempunyai beberapa merek dagang yang tepat untuk menggambarkan konsep2 kita. Tanpa Merek Dagang, Konsep Lifestyle kita tidak akan tersupport baik. Misal 500 collection pertama kita di tujukan untuk suatu merek dagang. Dan 500 collection yang lainnya untuk merek dagang yang lain. dan keduanya harus mempunyai target pasar yang berbeda. Harus Branding.
3 ide untuk gruping yaitu LUX club, FameFurni, dan Trade.ciri2 LUX club misalnya bermotto: Lifestyle for the Young Hearts. lifestyle untuk Jiwa muda (trendy)
a. bukan rotan (dari sisi comfort harus sebanding dengan furniture yang benar)
b. bukan tegalwangi, jogja, solo, jepara. Jadi dari sisi kompetitor, tidak terlalu sama. Harus ada nilai lebih, nilai keunikannya.
c. menciptakan suatu lifestyle sendiri yang unique : misal mix n match, tambahan dengan lampu, design contrast
d. apakah untuk kaum urban?
e. di jual dengan harga pasti, hanya dengan brand, dan fix price dan affordable
f. cushion dan experiment di fabric menentukang. mengusung faktor Fun (kegembiraan) dan Adventure (Experimental) dan unexpected (tidak dapat di duga) serta kejutan.
h. Memperhatikan sisi, design, color/finish, shape, material, fabric. mengcover seluruh aspect, living, bedding, dining, lighting, accesories, outdoor.
gruping FameFurni yaitu: sama seperti diatas kecuali point2 di bawah ini:
a. tidak adventural (experimental) dan lebih casual classic dan harus biasa, tidak ada unsur surprise (kejutan).
b. color lebih matching (tidak wild), juga di pengaruhi pilihan2 fabricnya (calm).
e. Yang pasti pasar untuk orang2 yang lebih dewasa
f. koleksi 2 dengan komplit family, berbeda dengan konsep mix and match di atas
.g. design contrast di bawa ke level yang minimum.
Trade: sisa dari barang2 yang lainnya, yang di jual tanpa merek, sebagaimana kita menjualnya sekarang ini.gruping LuxClub 50 pcgruping FameFurni 50 pcgruping Trade: lainnya.
Konsekuensi buat tim Sales dan Marketing? Jelasnya, apa yang kita canangkan adalah suatu strategy kedepannya. Seberapa lama dan seberapa cepat, tergantung komitment kita. Ada baiknya supaya setiap 1 bulan di review. Apa saja kesulitannya?Kesulitannya? Pembeli banyak yang hanya mau beli 1-2 barang, mereka tidak peduli apakah itu Lux Club atau pun FameFurni ataupun Trade. Sewaktu kita membatasi, mengatakan bahwa Lux Club harus dijual dengan item2 lain dari Lux club, dan begitu pula dengan FameFurni, pasti mereka akan shocked dan akan banyak mengemukakan alasan. Strateginya jelas ada pada orang Sales dan Marketing. Yang akan kita lakukan adalah berjalan seperti biasa sambil melihat situasi dan melakukan penetrasi konsep kita di mana kemungkinannya besar. Misal kita menemukan buyer Anteak dari Msia dengan 4 retail store. dia kemungkinan akan fit. Begitu pula buyer barang2 dari Singapore yang punya 8 retail stores, hanya saja kita harus bina komunikasi dengan barang2. apalagi kemarinnya kecewa dengan mutu barng dari Java (valentti yang bubukan). Juga Atlantis di jerman. Kalau kita kenalkan dan jelaskan konsepnya baik2, baru semuanya pelan2 terbuka. dan ini adalah suatu kolaborasi antara tim RnD, tim Sales, tim Marketing karena pastinya suatu koleksi akan start dengan barang yang sedikit dan lama2 berkembang dan di kontrol product mixnya, tidak dibiarkan berkembang tanpa kendali.
9. Hubungan dagang dengan china harus kita rintis. dan kita harus mencari peluang terkecil apapun dari sana untuk memulainya. Perkembangan sekarang mereka membutuhkan solid wood furniture, Indonesian Style Furniture (Colonial), Antique Old Java Style Furniture. Penetrasi market China.
Cari buyer melalui internet maupun pameran2. sembari membenahi product2 nya yang tepat untuk pasar tersebut. Semua yang berbau Solid wood, layak untuk dipasarkan disana tentunya dengan rentang harga yang baik. Harus pameran dengan barang yang tepat ke Guangzhou international furniture fair (Maret dan Agustus), Shanghai Furniture fair (September). Strategy kita mengenai branding masih harus di review lagi untuk pasar china, HongKong dan Taiwan.
No comments:
Post a Comment