1. Menjadi Supplier dari Retailer Lifestyle Furniture Terkemuka di dunia karena di akui baik Design, Quality, right Price, Operational excellence, dan Delivery nya. Ini akan membuat image kita tumbuh baik. Kita Singkat DeQPOD artinya kita harus identify di setiap negara, siapa2 saja yang merupakan Retailer Lifestyle terkemuka di negara masing2. Terkemuka tidak identik dengan mahal. Disini saya lebih menekankan TRENDY (stylish) dan AFFORDABLE (terjangkau kalangan menengah). Biasanya pembeli2 seperti ini mempunyai buying agent masing2, misal Laredoute dengan Shouble-(dari Italy) dan Tropicanusa - Indonesia. Artinya, kalau supplier dari Indonesia, selalu harus masuk melalui Tropicanusa tidak boleh langsung ataupun melalui agent lain. Justru karena hal itulah maka seolah2 Shouble mengimport dulu dari Indonesia, dan kemudian menjualnya ke Laredoute. Jadi Laredoute tidak menyalahi aturan kebijakan perusahaannya, artinya kita tidak melalui Tropicanusa, karena Laredoute beli dari Shouble yang memang perusahaan Italy. Sekarang ini perusahaan trading di Jakarta yang besar adalah : LiFung dan Tropicanusa. Mungkin juga Tropicanusa sudah di beli oleh LiFung. Jerry Tan juga adalah Trading. Dan juga WayCo, serta OTTO jakarta yang sudah berganti nama dan sourcing untuk buyer Heine. Toko terbesar dunia IKEA tidak mungkin beli tanpa agennya. Dan juga PierOne Import (USA) dan TJMax (USA) dan JC Penney (USA). Tanpa menghubungi agennya kita tidak akan pernah bisa masuk ke mereka. Dan mereka walaupun jenis Retailer2 terkemuka dunia, kebanyakan hanya membutuhkan satu dua barang dari koleksi kita. Jadi mereka adalah pembeli yang harus kita layani dan servis dengan baik (jangka pendek), tapi kita harus mencari profil customer jangka panjang kita. Yang bisa mengambil lebih banyak item, dan bahkan brand kita (kedepannya)
Kata kunci lainnya adalah Affordable, artinya terjangkau. Maksudnya terjangkau oleh masyarakat menengah di sana dan tidak jauh berbeda dari kompetitor kita. Kita sudah pada proses dan jalan yang benar, di mana semua barang2 baru ataupun lama, harus berada pada range harga yang tepat, kalau kita mau sukses. Dengan ancaman negara2 Asia lainnya yang berbiaya murah, Affordable ini harus di actionkan sebaik mungkin dengan kenyataan bahwa barang2 kita bisa di jual dengan range harga tersebut, dan dengan margin yang kita inginkan 0.65. Kalau tidak, kita tidak mau menjualnya. Artinya, di perlukan costing yang lebih akurat dari sisi pembelian dll, supaya target harga tercapai, dengan quality yang di inginkan.
contoh meja jati : 130-160, meja jati kaki besi harus di jual 130-135.
kursi makan 22-29, model sydney arm 34-45, occasional seperti U-chair 56-66. (itu semua tetap harus comfort, enak buat duduk). Sofa 1 seat 70-80, 2 seat 115-132, 2.5 seat 147-168, dan 3 seat 175-200.
cabinet jati 4 pintu 3 laci ukuran 130x54x210 antara 243 -285, cabinet jati sliding dengan 3 laci dan 3 seksi ukuran 205x50x213 antara 363-425, sideboard 2 laci 2 pintu sliding ukuran 110x45x90 antara 92-108, sideboard dengan laci 150x44x90 antara 129-151, cabinet 108x55x210 antara 195-221.
Karena kebanyakan harga kita yang dari dulu2 sudah di luar range, fokuskan dengan cepat design2 mana yang bisa di jual dengan harga tersebut, dan start dari situ.
Bagaimana kalau harga harus diluar itu, artinya design bagus tapi setelah di costing tidak dalam range? Tidak apa2, yang penting pembeli punya pilihan, dan dari pihak sales mengetahui option2 ini, bahwa kita punya yang mahal dan ada yang kompetitif. Yang penting sebagian besar barang kita harus masuk kedalam target price tersebut. katakanlah minimal 70% dalam price range tersebut. dan biarkan 30% untuk orang2 yang memang menginginkan lain. Di kemudian hari, sesuai dengan perkembangan dan pengetahuan tim sales / marketing, harga2 tersebut bisa di dongkrak tapi tetap dengan patokan. misal 10% lebih mahal dari nilai tertinggi range.
2. Menjadi Pilihan paling tepat dari Retailer2 lifestyle furniture (baik offline maupun online), Home Stores dan Home Life di seluruh belahan dunia, untuk melengkapi koleksi toko mereka karena selain kita menerapkan DeQPOD, dan lebih penting lagi karena koleksi kita lengkap, dan proses pembelian mereka cepat karena di support melalui E-Commerce Online Ordering kita. Kita menjadikan EComOO sebagai andalan servis kita kepada customer dan daya tarik lebih kita. Dari New Design sampai barang tadi tampil dan mulai di jual di EComOO harus di persingkat. Artinya perkuat tim di e-commerce. bahwa apa yang dilakukan sekarang masih terus di improve lagi supaya semakin banyak bisnis kita yang bisa di lakukan oleh buyer2 kita secara ONLINE. Kerja sama erat tim e-commerce , RnD dan tim marketing sangat di perlukan. Bagaimana mendesign suatu sistim yang baik di lihat dari apa2 yang harus ditawarkan, bagaimana mengcategorikannya produk2 yang di tawarkan, bagaimana sistim EComOOyang memenuhi kebutuhan2 pelanggan masa depan kita? Jangan sampai terjadi, tim EComOO membuat sistim yang baik, tetapi tidak di manfaatkan oleh tim sales / marketing.
Terus memonitor effectifitas:
a. SAP
b. Alibaba : keywords, article posting yang tepat.
c. Ebay
d. autoresponder : ini adalah kunci pemanfaatan teknologi dimana "satu batu untuk melempar beberapa burung". Gaya kerja masal harus di manfaatkan dengan baik, terutama pada tahap awal introduction. Untuk memanfaatkannya kita harus mendesign email penawaran yang baik. Satu buah jenis email penawaran untuk satu grup customer. Dan tentunya di butuhkan beberapa jenis surat untuk mentargetkan kepada kebutuhan grup customer yang berbeda2. Misal suatu penawaran promosi untuk sofa, kepada pembeli2 yang hanya beli sofa. Jadi kalau kita bisa menggrup2 kan customer sesuai bagaimana kita mensegmen-segmenkan mereka, kita baru menjalankan ilmu marketing yang sebenar2 nya. dan autoresponder bisa mensupport kerjaan itu. Investasi waktunya sekali, tapi benefitnya bisa berkali2. Autoresponder sangat flexible, bisa ntuk tahap awal introduction, maupun pada tahap selanjutnya supaya buyer mau beli ulang, dengan menawarkan promosi.
e. Webs: javathebest.com => yang akan mengusung FameFurni, valentti.com => yang akan mengusung LuxClub, myrattanfurniture.com => ini yang akan mengusung Trade. Baliluz.com akan mengusung trading di lampu. Sedangkan lampu2 yang sudah terpilih oleh LuxClub maupun FameFurni, akan di kembangkan di masing2 collection tersebut.
f. Final goal : E-Commerce Online Ordering = EComOO
kita juga mempunyai beberapa blog lagi untuk mengkomunikasikan brand kita dan produk2 yang terkandung di dalam masing2 brandnya. http://www.javathebest.blogspot.com http://www.valenttilifestyle.blogspot.com http://www.baliluz.blogspot.com
3. Pembentukan jaringan distributorship di setiap negara di dunia di kembangkan melalui kumpulan koleksi terbatas yang kuat, designer / merchandising yang kuat, brand yang kuat dan pembaruan koleksi yang berkesinambungan. Seorang distributor adalah pembeli yang percaya pada visi dan misi kita, dan mempunyai kecocokan mayoritas pada collection yang kita develop. Kita akan hidup dan berkembang bersama mereka. Jaringan distributorship inipun harus di support oleh Teknologi Informasi kita supaya mereka dapat memantau informasi2 yang berhubungan dengan order mereka secara online (EComOO). artinya pihak Sales dan Marketing mematangkan konsep penjualan menjaring distributor2 tersebut, dan itu tidak bisa berjalan "apa jare saja", tetapi harus di kuasai Goal, rencanakan (strategy), action (kerjakan) dan evaluasi. Sesuatu yang di rencanakan akan di arahkan, pasti melesetnya lebih sedikit. Jadi kita harus selalu berusaha mengkomunikasikan idea2 kita yang kita percayai kepada setiap kesempatan bertemu dengan pelanggan2 kita.
Kata kunci lainnya adalah Affordable, artinya terjangkau. Maksudnya terjangkau oleh masyarakat menengah di sana dan tidak jauh berbeda dari kompetitor kita. Kita sudah pada proses dan jalan yang benar, di mana semua barang2 baru ataupun lama, harus berada pada range harga yang tepat, kalau kita mau sukses. Dengan ancaman negara2 Asia lainnya yang berbiaya murah, Affordable ini harus di actionkan sebaik mungkin dengan kenyataan bahwa barang2 kita bisa di jual dengan range harga tersebut, dan dengan margin yang kita inginkan 0.65. Kalau tidak, kita tidak mau menjualnya. Artinya, di perlukan costing yang lebih akurat dari sisi pembelian dll, supaya target harga tercapai, dengan quality yang di inginkan.
contoh meja jati : 130-160, meja jati kaki besi harus di jual 130-135.
kursi makan 22-29, model sydney arm 34-45, occasional seperti U-chair 56-66. (itu semua tetap harus comfort, enak buat duduk). Sofa 1 seat 70-80, 2 seat 115-132, 2.5 seat 147-168, dan 3 seat 175-200.
cabinet jati 4 pintu 3 laci ukuran 130x54x210 antara 243 -285, cabinet jati sliding dengan 3 laci dan 3 seksi ukuran 205x50x213 antara 363-425, sideboard 2 laci 2 pintu sliding ukuran 110x45x90 antara 92-108, sideboard dengan laci 150x44x90 antara 129-151, cabinet 108x55x210 antara 195-221.
Karena kebanyakan harga kita yang dari dulu2 sudah di luar range, fokuskan dengan cepat design2 mana yang bisa di jual dengan harga tersebut, dan start dari situ.
Bagaimana kalau harga harus diluar itu, artinya design bagus tapi setelah di costing tidak dalam range? Tidak apa2, yang penting pembeli punya pilihan, dan dari pihak sales mengetahui option2 ini, bahwa kita punya yang mahal dan ada yang kompetitif. Yang penting sebagian besar barang kita harus masuk kedalam target price tersebut. katakanlah minimal 70% dalam price range tersebut. dan biarkan 30% untuk orang2 yang memang menginginkan lain. Di kemudian hari, sesuai dengan perkembangan dan pengetahuan tim sales / marketing, harga2 tersebut bisa di dongkrak tapi tetap dengan patokan. misal 10% lebih mahal dari nilai tertinggi range.
2. Menjadi Pilihan paling tepat dari Retailer2 lifestyle furniture (baik offline maupun online), Home Stores dan Home Life di seluruh belahan dunia, untuk melengkapi koleksi toko mereka karena selain kita menerapkan DeQPOD, dan lebih penting lagi karena koleksi kita lengkap, dan proses pembelian mereka cepat karena di support melalui E-Commerce Online Ordering kita. Kita menjadikan EComOO sebagai andalan servis kita kepada customer dan daya tarik lebih kita. Dari New Design sampai barang tadi tampil dan mulai di jual di EComOO harus di persingkat. Artinya perkuat tim di e-commerce. bahwa apa yang dilakukan sekarang masih terus di improve lagi supaya semakin banyak bisnis kita yang bisa di lakukan oleh buyer2 kita secara ONLINE. Kerja sama erat tim e-commerce , RnD dan tim marketing sangat di perlukan. Bagaimana mendesign suatu sistim yang baik di lihat dari apa2 yang harus ditawarkan, bagaimana mengcategorikannya produk2 yang di tawarkan, bagaimana sistim EComOOyang memenuhi kebutuhan2 pelanggan masa depan kita? Jangan sampai terjadi, tim EComOO membuat sistim yang baik, tetapi tidak di manfaatkan oleh tim sales / marketing.
Terus memonitor effectifitas:
a. SAP
b. Alibaba : keywords, article posting yang tepat.
c. Ebay
d. autoresponder : ini adalah kunci pemanfaatan teknologi dimana "satu batu untuk melempar beberapa burung". Gaya kerja masal harus di manfaatkan dengan baik, terutama pada tahap awal introduction. Untuk memanfaatkannya kita harus mendesign email penawaran yang baik. Satu buah jenis email penawaran untuk satu grup customer. Dan tentunya di butuhkan beberapa jenis surat untuk mentargetkan kepada kebutuhan grup customer yang berbeda2. Misal suatu penawaran promosi untuk sofa, kepada pembeli2 yang hanya beli sofa. Jadi kalau kita bisa menggrup2 kan customer sesuai bagaimana kita mensegmen-segmenkan mereka, kita baru menjalankan ilmu marketing yang sebenar2 nya. dan autoresponder bisa mensupport kerjaan itu. Investasi waktunya sekali, tapi benefitnya bisa berkali2. Autoresponder sangat flexible, bisa ntuk tahap awal introduction, maupun pada tahap selanjutnya supaya buyer mau beli ulang, dengan menawarkan promosi.
e. Webs: javathebest.com => yang akan mengusung FameFurni, valentti.com => yang akan mengusung LuxClub, myrattanfurniture.com => ini yang akan mengusung Trade. Baliluz.com akan mengusung trading di lampu. Sedangkan lampu2 yang sudah terpilih oleh LuxClub maupun FameFurni, akan di kembangkan di masing2 collection tersebut.
f. Final goal : E-Commerce Online Ordering = EComOO
kita juga mempunyai beberapa blog lagi untuk mengkomunikasikan brand kita dan produk2 yang terkandung di dalam masing2 brandnya. http://www.javathebest.blogspot.com http://www.valenttilifestyle.blogspot.com http://www.baliluz.blogspot.com
3. Pembentukan jaringan distributorship di setiap negara di dunia di kembangkan melalui kumpulan koleksi terbatas yang kuat, designer / merchandising yang kuat, brand yang kuat dan pembaruan koleksi yang berkesinambungan. Seorang distributor adalah pembeli yang percaya pada visi dan misi kita, dan mempunyai kecocokan mayoritas pada collection yang kita develop. Kita akan hidup dan berkembang bersama mereka. Jaringan distributorship inipun harus di support oleh Teknologi Informasi kita supaya mereka dapat memantau informasi2 yang berhubungan dengan order mereka secara online (EComOO). artinya pihak Sales dan Marketing mematangkan konsep penjualan menjaring distributor2 tersebut, dan itu tidak bisa berjalan "apa jare saja", tetapi harus di kuasai Goal, rencanakan (strategy), action (kerjakan) dan evaluasi. Sesuatu yang di rencanakan akan di arahkan, pasti melesetnya lebih sedikit. Jadi kita harus selalu berusaha mengkomunikasikan idea2 kita yang kita percayai kepada setiap kesempatan bertemu dengan pelanggan2 kita.
No comments:
Post a Comment