Friday, November 30, 2007

Tips Penjualan: Setiap buyer kontak akhirnya BELI

Lho kenapa Setiap buyer yang kontak dengan kita, apalagi yang pernah VISIT harus beli?

Karena kalau setelah di identifikasi kebutuhannya dan ternyata tidak ada match / tidak beli maka:

1. di observasi / evaluasi: apakah kebutuhan dia itu sesuatu yang java akan bikin / buat di waktu yad, untuk memenuhi kebutuhan dia dan juga mungkin memenuhi kebutuhan dari calon buyer lain yang menginginkan kebutuhan yang sama. Kalau banyak sekali daftar negatifnya, artinya: hanya dia yang membutuhkan barang tersebut dari semua list buyer yang ada, barangnya terlalu jauh berbeda / sulit, jadi kita simpulkan tidak bisa memberikan kebutuhan asli / original dia.

2. yang kemudian kita bisa lakukan adalah mencoba menimbulkan kebutuhan akan barang kita. Jadi kita harus membuat kondisi supaya dia melahirkan kebutuhan baru akan barang2 kita. Dengan cara menampilkan apa yang paling dekat, dan juga memberikan gambaran mengenai potensi penjualan dari barang2 yang kita tawarkan. Kita juga memberi masukan bahwa walaupun barang2 ini sedikit berbeda, tapi sebetulnya line tersebut akan memenuhi kebutuhan dari pasar tertentu, dan ini sangat bagus sekali…bla bla bla. . .

3. kalau 1 dan 2 gagal, baru follow up lagi secara rutin tiap 1 bulan SECARA OTOMATIS, di gabungkan dengan buyer2 yang satu grup, untuk kita kasih update product release kita yang menawan. Kali dia punya kebutuhan tersebut pada akhirnya. INGAT pada tahapan ini harus secara OTOMATIS kirim suratnya melalui autoresponder.

4. Mencari supplier pabrikan / subkontrak yang mungkin sesuai untuk dia, baik di jogja / solo maupun cirebon, dan kita bisa menjualnya juga. Ini kalau memungkinkan.

No comments: