Friday, November 30, 2007

Kalau begitu, KENDARAANNYA APA? KENDARAAN I

Kendaraan I : Mempertahan dan Meningkat Penjualan. Teruskan Agresivitas dalam Penjualan. Jual, Jual dan Jual. Jual Barang yang ada, Jual kepada customer yang ada dalam list.

Kita sudah mengerti bahwa dengan goal yang menantang, kendaraannya harus tepat. Tugas tim Eksekutif adalah mendesign dan implementasi kendaraan yang kalau di bangun akan membuat seluruh tim Java berhasil mencapai Goal JAVA.

Kalau saya melihat secara global, komposisi penjualan2 java terlihat seperti ini:

1. Rel / jalan yang biasa dan sedang kita lalui. Fokuskan, Targetkan buyer2 yang sudah kenal dengan kita dan pernah hubungan. Identify kebutuhan mereka: Design?, Outdoor products?, Harga? Dan kita bisa tembak mereka dengan email2 / new product releases automatic sesuai dengan kebutuhan mereka.
2. Yang kedua adalah yang harus kita mantapkan. Ini untuk customer2 di luar point 1 yang sudah beli dengan kita. Ini jalan yang kelihatannya masih belum di praktekan dengan 100%. Kumpulkan list2 semua buyer yang telah kita dapat melalui berbagai cara: list ini bisa di ambil dari SAP java, daftar2 customer dari pameran lainnya yang belum masuk SAP, daftar2 dari autoresponder (baik baliluz maupun java), dan buyer2 valentti dulu, bisa juga dari searching di google. Semua itu kalau kita tidak tahu kebutuhan dari kelompok list tersebut bisa di buatkan suatu surat / graphics generik yang beberapa macam dan coba di kirim ke mereka. Dan coba dalam graphics itu di buat beberapa scenario:
Misal apakah anda adalah orang2 yang membutuhkan trendy design? Bisa di giring ke link rattanbiz maupun rattan palace
Apakah anda membutuhkan outdoor? Outdoor natural? Bisa di giring ke link untuk penawaran outdoor (bebi) maupun java, ataupun outdoor natural java
Apakah anda membutuhkan barang2 the latest trend?bisa di giring ke link Eco Friendly collection
Apakah anda membutuhkan barang2 dalam quantity yang masal, atau apakah anda membutuhkan jasa factory untuk memproduksi barang anda? Bisa digiring ke link dengan penawaran fantastis ataupun suatu kisah yang menguatkan itu.

3.Setiap pembeli yang contact dengan kita (apalagi yang visit), harus beli. Dan kalau tidak beli, harus tau penyebabnya (identify needs) dan Setiap pembeli yang sudah beli, harus repeat. Harus di ketahui berapa kali mereka bisa repeat dari percakapan dengan mereka. jadi kita bisa tau kapasitas mereka.

setiap pembeli yang tidak repeat, sebaiknya di ketahui kenapa.
Semua Needs dari buyer harus di info ke tim eksekutif, dalam hal ini pak daniel untuk di bikinkan action plannya. Mau di adakan / tidak. Kalau mau di adakan, ini akan dan harus di lakukan

4. buyer lampu dan furniture, harus bisa di crosseling. Apalagi, buyer Java adalah potensi untuk membeli lampu2.

No comments: